Musim Kemarau BPBD Boltim Imbau Warga Antisipasi Kebakaran Hutan dan Pemukiman

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLTIM — Menyusul datangnya musim kemarau berkepanjangan, sehigga dapat mengancam adanya kebakaran hutan dan lahan serta pemukiman warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengimbau masyarakat agar waspada serta mengantisipasinya.

Demikian dikatakan Kepala BPBD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, Elvish H Siagian, bahwa selama musim kemarau sangat berpotensi terjadi kebakaran. Sehingga pihaknya mengoptimalkan melalui imbauan-imbauan kepada masyarakat yang tinggal di kawasan hutan perkebunan dan pemukiman.

“Kami menghimbau agar masyarakat tidak membakar ilalang yang kering akibat kemarau, sebab pembakaran ilalang dapat menimbulkan kebakaran kawasan hutan maupun perkebunan,” kata Siagian, Kamis (12/09/2019).

Selain itu juga masyarakat harus  mewaspadai kebakaran pemukiman penduduk dengan memperhatikan kabel listrik guna mencegah terjadi kornsleting arus pendek. Biasanya, korsleting itu menimbulkan percikan api dan berpotensi terjadi kebakaran.

“Biasanya arus pendek listrik juga bisa jadi pemicu kebakaran. Mengingat sejak tiga pekan terakhir jumlah kebakaran rumah hampir mencapai 4 unit dan menimbulkan kerugian hingga ratusan juta rupiah,” katanya.

Dia juga meminta masyarakat tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat pada musim kemarau ini.

“Adapun pemicu kebakaran lainnya di permukiman warga, jika sudah merokok dan membuang puntung yang masih menyala pada sembarang tempat sehingga bara api yang ada akan memicu percikan api yang menimbulkan kebakaran. Untuk itu kami berharap imbauan itu dapat ditaati masyarakat,” tuturnya.

(Parz)

Leave A Reply

Your email address will not be published.