Di Bolmut, Suhu Udara di Malam Hari Capai 23 Derajat Celcius

0

DETIKSULAWESI.COM, BOLMUT – Warga di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sejak dua malam terakhir mengeluhkan perubahan cuaca di malam hari yang lebih dingin dibanding malam biasanya.

Bahkan kondisi cuaca yang ekstrim ini menjadi perbincangkan warga Bolmut di banyak akun media sosial. Mereka menuliskan perubahan drastis cuaca yang mereka rasakan.

“So dua malam ini cuaca pe dingin skali (sudah dua malam cuaca sangat dingin)”, tulis beberapa pemilik akun media sosial di Bolmut.

Hal ini dirasakan oleh warga di beberapa wilayah di Bolmut seperti Boroko, Bolangitang dan Bintauna.

Dirilis laman resmi bmkg.go.id bahwa cuaca di Sulawesi Utara khususnya di Wilayah Bolmut, suhu udara mencapai titik 23 derajat celcius pada malam hari.

Menurut Mulyono Rahadi Prabowo, Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, mengatakan, saat tutupan awan lebih sedikit ketika musim kemarau maka panas matahari akan langsung diserap Bumi, sehingga siang hari lebih panas, seperti dikutip dari kompas.com (17/07/2019).

“Saat siang, Bumi sifatnya menyerap (panas). Maka suhu Bumi lebih rendah daripada Matahari. Kemudian pada malam hari, suhu Bumi lebih tinggi dibanding Matahari sehingga panas akan dipancarkan atau dikembalikan lagi ke atmosfer,” ujar Mulyono.

“Ketika Bumi melepaskan panas (di malam hari), suhu di permukaan turun. Itu yang menyebabkan malam lebih dingin,” kata dia.

(ridwan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.