Peringati Haornas, Sejumlah Olahraga Tradisional Dilombakan

0

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI – Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 serta Hari Radio ke 74 Tahun 2019, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tolitoli bersama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Tolitoli menyelenggarakan sejumlah lomba dan kegiatan olahraga tradisional yang dipusatkan di Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan, Minggu pagi (8/9).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tolitoli Ir. Mudjidin Bantilan, MM mengatakan, kegiatan olahraga yang dilaksanakan meliputi jalan santai dan senam massal, sedangkan olahraga tradisional yang diperlombakan yakni Enggrang, Terompah Panjang, hadang dan Panahan sebagai olah raga yang disunnahkan oleh Rasulullah Muhammad SAW yang semuanya berlaku untuk umum dengan kategori dewasa.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat untuk berolahraga, sekaligus melestarikan permainan tradisional yang merupakan budaya olahraga tempo dulu.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding saat memberikan sambutan menyampaikan peringatan Hari Olahraga Nasional merupakan salah satu momen penting bagi dunia olahraga Indonesia, serta untuk mengisi pembangunan olahraga melalui pembudayaan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga.

“Peringatan Haornas ke-36 tahun ini mengusung tema “Ayo Olahraga”, tema ini mengajak masyarakat untuk bergerak dimana pun, kapan pun, dan bersama siapa pun seperti yang kita lakukan saat ini mengikuti senam massal, olahraga tradisional dan jalan santai, kata Wabup.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menyambut dan memeriahkan Hari Radio ke-74 yang diperingati setiap Tanggal 11 September.

“Selaku Pemerintah Daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran LPP RRI Tolitoli yang telah membangun sinergitas bersama Pemerintah Kabupaten Tolitoli, utamanya dalam memberi ruang bagi Perangkat Daerah menjelaskan program strategis yang akan dilakukan guna mendukung terwujudnya visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli yakni Sejahtera, Berkarakter Aktif, Adil dan Religius,” ujar Wabup mengakhiri.

Kegiatan tersebut turut dihadiri istri Wabup, serta para pejabat lain di antaranya Ketua Pengadilan Negeri Tolitoli H. Syahbuddin Samad Bonang, SH, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tolitoli Ir. Mudjidin Bantilan, MM, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tolitoli Samsuh M. Saleh, M.Si, Kepala LPP-RRI Tolitoli Akhmad Safruddin, S.Sos, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis, S.Ag.,M.Pd dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli Sulaiman Padjalani, SH.

(Nadir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.