2020 Pemkot Menargetkan Sanitasi Aman Tingkat Desa/Kelurahan

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu, menargetkan bersih sanitasi melalui Kota Bisa Award Kotamobagu Bersih Indah Sanitasi Aman tingkat Desa dan Kelurahan pada 2020 mendatang.

Menurut Kepala Bidang Perekonomian Sumber Daya Alam Infrastruktur dan Kewilayahan Andi Abasi, pihaknya (Bapelitbangda) selaku bidang perencanaan, melakukan sinkronisasi antara perencanaan pembangunan yang di kotamobagu dan di Desa/kelurahan.

Sebelumnya juga, pemerintah desa/kelurahan telah di undang untuk diberikan materi terkait perencanaan , kemiskinan dan inovasi.

“Sesuai dengan permendagri ada kewenangan desa dan ada kewenangan kelurahan untuk proses kegiatan pembangunan,” paparnya, kepada detiksulawesi.com, beberapa waktu lalu.

“Jadi untuk Desa kan ada dana desa dan dana kelurahan, nanti apa- apa saja yang desa/kelurahan bisa buat dan kerjakan kita selaraskan pembangunannya,” sambung Andi.

Ia mencontohkan, seperti pembuatan sanitasi, kami arahkan desa dan kelurahan dapat menjalankannya, disamping itu kegiatan itu meminimalisir beban di APBD.

“Program itu rencananya akan dilaksanakan 2020. tapi kita sudah sosialisasikan dari sekarang agar desa/kelurahan sudah bersiap dari sekrang,” ungkap Andi.

Untuk Desa/Kelurahan, pembangunan bukan hanya selalu terpaku pada pemasangan paving blok ataupun penerangan jalan, mereka bisa fokus pada pembuangan air limbah, persampahan, drainase, sebab itu bagian dari penuntasan sanitase layak.

“Sekarang ini sedang dalam penyusunan RKPD, desa dan kelurahan sudah bisa menyusun perencanaan tahun 2020,” katanya.

“jadi mereka bisa anggarkan kegiatan – kegiatan itu di sanitase dalam dana desa atau dana kelurahan, sehingga tahun depan mereka bisa fakus dalam tahap pengerjaan,” ujar Andi menambahkan.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.