2020 BPS Hitung Inflasi Kotamobagu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – 2020 Kota kotamobagu terpilih sebagai kota Inflasi, karenanya pada tahun depan Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu mulai melakukan penghitungan sendiri inflasi kotamobagu.

Persiapannya dan perencanaannya pun sudah sejak 2018, dimana sebagian pekerjaan sudah dijalankan dimulai dengan pendataan mengenai biaya hidup (survey biaya hidup).

“Jadi survey ini (SBH) sudah kita mulai tahun kemarin, selama empat triwulan kami sudah melakukan namanya SBH,” ujar Jamila Akuba, selaku pelaksana tugas seksi IPS.

Ia mengatakan, kota kotamobagu ataw kota mana saja yang terpilih sebagai kota Inflasi sebelum memulai menghitung angka (inflasi) kota yang bersangkutan didahului dengan pendataan survey biaya hidup selama satu tahun.

Sample lokasi dan orang-orang dan rumah tangga yang didata setiap triwulan dirubah agar semua mengena.

“Artinya biar benar-benar random (acak), sehingga sebagian kebutuhan masyarakat kota kotamobagu tercermin di survey itu,” paparnya.

Nantinya ketika menghitung angka inflasi kotamobagu misalnya pada tahun depan paket komoditi, sekian komoditi yang biasanya dikonsumsi oleh penduduk kotamobagu tergambar semuanya disitu (survey).

“Jadi dimulai dari bahan makanan dan non makanan semuanya telah kami data di 2018 lalu,” jelasnya.

(Hel)

Leave A Reply

Your email address will not be published.