Pengembangan Potensi Air Nira Menjadi Alkohol Teknis

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Selain sebagai penghasil ijuk dan sapu lidi, masyarakat Desa Sia’ juga memproduksi air nira dari pohon aren menjadi gula aren.

Nampaknya, Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu utara, tahu betul memanfaatkan sumber daya alam yang ada seperti Pohon Aren yang banyak tumbuh di Desa tersebut.

Tak hanya itu saja, Pemerintah Desa juga berencana akan memanfaatkan air nira untuk di olah menjadi alkohol teknis sebagai bahan medis, misalnya disinfektan, antiseptik (pembunuh kuman).

Hal itu dibenarkan Sangadi (Kepala Desa) Sia’ Herto Balansa. “Iya benar. Karenanya 2020 mendatang Pemdes akan mengembangkan potensi air nira menjadi alkohol teknis, dengan memanfaatkan Dana Desa (DD).

“Tentunya perlu adanya fermentasi air aren agar menjadi alkohol,” terangnya. Rabu (31/7/2019).

Herto menjelaskan, pohon aren yang ada di Desanya, bisa memproduksi air nira setiap minggunya rata-rata bisa 40 galon. Karenanya, Pohon ini menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat desa Sia’,

“Itu sebabnya, kami dari Pemdes tinggal menunggu dananya agar tahun depan sudah bisa berjalan,” jelas Herto.

“Kedepan dengan adanya pengolahan air nira ini, Desa Sia’ bisa menjadi sentra produksi Alkohol teknis di Kota Kotamobagu,” ia menambahkan.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.