Pemkab Toli-Toli Tuan Rumah Bimtek Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata se Sulteng

0

DETIKSULAWESI.COM, TOLITOLI – Dinas Pariwisata Kabupaten Tolitoli mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengembangan dan Pengelolaan Desa Wisata Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Bimtek yang digelar di Meeting Room Lantai II Hotel Mitra Utama Tolitoli itu, dibuka oleh Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding, Senin (8/7).

Bimtek ini menghadirkan Nara Sumber Ir. Inaherlina Koswara, M.Sc dari Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan Sugeng Handoko, ST salah satu praktisi Desa Wisata yang sudah berhasil dari Desa Nglanggerang Kecamatan Gunung Kidul Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Rahmida, M.Si selaku Ketua Panitia mengatakan sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi dan peluang lapangan kerja, pariwisata dikelola dan dikembangkan secara khusus dan menjadi prioritas yang salah satunya dengan cara membangun Desa Wisata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM mengatakan sebagai salah satu modal utama yang merupakan cikal bakal agar Desa Wisata dapat terwujud adalah dengan menggiatkan pemahaman dan pelaksanaan Sapta Pesona terhadap pelaku wisata dan seluruh elemen masyarakat yang berada di dalam Desa Wisata.

“Apabila promosi Desa Wisata sudah menyebar dan sudah terdengar oleh wisatawan baik lokal maupun Asing, harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk sadar wisata, sehingga Desa Wisata bisa semakin berkembang maju,” ujarnya.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul Rahman Hi. Budding dikesempatan itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah selaku Panitia Penyelenggara Bimtek yang telah mempercayakan Kabupaten Tolitoli sebagai Tuan Rumah sekaligus mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Bimtek yang berasal dari Kabupaten dan Kota se Provinsi Sulawesi Tengah.

Wabup menuturkan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli terus melakukan pembenahan terhadap potensi wisata yang ada di daerah ini. Pembenahan tersebut salah satunya melalui upaya memacu pembangunan infrastruktur pendukung.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli sangat menyadari bahwa keikutsertaan masyarakat dalam perencanaan desa wisata dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan sekaligus pengawasan pengembangan desa wisata,” terangnya.

“kepada seluruh peserta Bimtek diharapkan untuk betul-betul memperhatikan dan memahami seluruh materi yang diberikan oleh Nara Sumber sehingga dapat diimplementasikan di daerahnya masing-masing,” ujar Wabup menutup.

Kegiatan Bimtek ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM, dan Kepala Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli serta peserta Bimtek yang terdiri dari Camat dan Kepala Desa yang memiliki potensi menjadi Desa Wisata.

(Nadir)

Leave A Reply

Your email address will not be published.