Waspada Penyebaran DBD

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMAOBAGU – Himbauan disampaikan Dinas Kesehatan Kotamobagu terkait dengan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD)

Terkait hal itu, Dinkes meminta agar masyarakat dapat mewaspadai penyebaran DBD yang diakibatkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

“Iya, mengingat curah hujan akhir-akhir ini, pastinya begitu banyak genangan air diberbagai tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk,” ujar Kepala Dinkes Kotamobagu, Devie CH Lala, Senin (17/6/2019).

Ia mengingatkan agar masyarakat dapat berprilaku hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Kalau lingkungannya sehat, Insya Allah tidak ada tempat untuk perkembangbiakan nyamuk,” terang Devie.

Dirinya juga mengimbau, agar masyarakat dapat lebih menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

“Kebersihan harus diperhatikan, banyak kasus DBD terjadi karena pengaruh genangan air dan sampah yang berserakan,” Devie mengingatkan.

Ia juga menyarankan agar masyarakat bukannya hanya membersihkan selokan saja, sebab nyamuk Aedes aegypti tidak berkembang biak di air kotor melainkan di air jernih.

“Contoh sederhananya seperti pada penampungan tetesan air pada alat Dispenser,” Devie mengungkapkan.

“Banyak dari kita lupa akan hal itu padahal genangan air pada penampungan dispenser memungkinkan menjadi tempat berkembangnya nyamuk penyebab DBD,” tuntasnya.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.