Pemkot Peringati Hari Lahir Pancasila

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Peringatan Hari Lahir Pancasila di peringati Pemerintah Kotamobagu dengan upacara yang dilaksanakan di Lapangan Boki Hotinimbang. Sabtu (1/06/2019) Pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara Wali Kota Ir Tatong Bara. Dalam amanatnya, Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Hariyono, yang dibacakan Wali kota mengatakan Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengatakan, Sebagaimana diketahui semua kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “tanah air Indonesia”.

“Kesatuan gugusan pulau yang berada di antar dua Samudra Pasifik dan hindia, serta di antara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan,” ujar Wali Kota.

Ia menyebut, Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara.

“Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupkaan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia,” imbuh Wali Kota.

Kata dia, meskipun nilai-nilai pancasila belum secara sempurna direalisasikan, namun kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” sebutnya.

Wali Kota menambahkan Melalui peringatan Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2019 perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara,” jelasnya.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita INdonesia, kita Pancasila,” Wali kota menutup.

(Kifly)

Leave A Reply

Your email address will not be published.