Dinas PP dan KB Latih 8 Kelompok PPKS se Kotamobagu

0

DETIKSULAWESI.COM, KOTAMOBAGU – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kota Kotamobagu, Selasa (02/04/2019) menggelar pelatihan bagi delapan kelompok Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang telah dibentuk di empat Kecamatan se Kota Kotamobagu.

Kepala Dinas PP dan KB Kota Kotamobagu Aljufri Ngadu, menjelaskan tujuan pembentukan delapan kelompok PPKS tingkat Kota Kotamobagu tahun 2019 ini, untuk mendekatkan akses keluarga dalam masyarakat terhadap pelayanan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“PPKS di Kota Kotamobagu baru ada satu yakni di Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat. Nah, dengan dibentuknya delapan PPKS ini, masyarakat yang ingin konsultasi terkait keluhan masyarakat didalam keluarga tidak perlu jauh-jauh datang ke PP dan KB Kotamobagu,” jelas Aljufri.

Semenatara itu, Kepala Bidang Keluraga Sejahtera Dinas PP dan KB Kotamobagu Scherly Abdlulah menambahkan, tugas pokok dari PPKS ini untuk memberikan pelayanan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan remajanya, balitanya, lansianya, peserta KB-nya, ekonominya, dan lain sebagainya.

“Delapan kelompok PPKS yang baru dibentuk hari ini terdiri dari lintas sektor yakni Bidan, KUA, PPKBD, UPPKS, kelompok Tribina yakni BKB, BKR dan BKL, dan PIK-R,” ungkap Sherly.

Lanjutnya, delapan kelompok PPKS ini nantinya akan ditempatkan di Balai Penyuluhan ditiap kecamatan.

“Sebelum ditempatkan di Balai Penyuluhan masing-masing, maka lebih dahulu mereka diberikan materi tentang tugas dan fungsinya dari Asisten I Bidang Pemerintahan Kotamobagu, dan Kepala Bidang KB Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara,” jelasnya.

(Tr-01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.