DPRD Boltim Gelar Paripurna Buka Tutup Tahun Anggaran

0

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (03/01/2019 menggelar rapat paripurna internal dalam rangka penutupan masa sidang ketiga 2018 dan pembukaan sidang pertama 2019.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto, dihadiri dua wakil pimpinan serta  80 persen anggota, serta jajaran sekretariat DPRD dibawahi Sekretaris DPRD Priyamos SH.

Sekratris DPRD Kabupaten Boltim Priyamos SH saat membacakan agenda pada Paripurna Internal DPRD Boltim

 

Ketua DPRD dalam sambutan mengatakan, sebelum menggelar rapat paripurna Badan Musyawarah (Banmus) yang telah menetapkan beberapa program kerja, termasuk hari ini (kemarin) pelaksanaan rapat paripurna penutupan sidang ketiga 2018 dan pembukaan sidang pertama 2019.

“Yang di dalamnya terdiri pembacaan surat dan penandatanganan surat keputusan DPRD,” ucap Marsaoleh.

Kata dia, sesuai keputusan DPRD Boltim nomor 11 tahun 2018 atas perubahan nomor 10 tahun 2017 tentang penetapan program pembentukan peraturan daerah (Perda), terdapat 23 Rancanangan Peraturan Daerah (Ranperda). Masing-masing 17 Ranperda usulan eksekutif dan 6 inisiatif DPRD.

“Dan masa persidangan laku kita tutup dengan mengrsahkan 7 Ranperda yang terdiri dari 4 usulan eksekutif dan 3 inisiatif DPRD. Itu merupakan capaian sangat memuaskan,” katanya.

Para Anggota DPRD Kabupaten Boltim saat melaksanan Sidang tutup masa dan sidang perrtamna tahun 2019

 

Dijelaskannya, berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2015, DPRD diharuskan mengingatkan agar eksekutif segera menyerahkan bahan tertulis mengenai jenis belanja dan kegiatan  tertuang dalam APBD 2019, sebelum pelaksanaan dimulai.

“Bahan tersebut yang meyakini DPRD kalau pemerintah daerah telah menerjemahkan besaran dan jenis belanja dan kegiatan menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Itu juga penting dalam konteks pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD terhadap kebijakan pemerintah,” terang Mamonto.

Foto bersama Ketua DPRD Boltim, Marsaoleh Mamonto, dan dua waket serta Sekwan, Priyamos SH.

 

Selain itu, diterangkannya,  badan pembentukan Perda segera melakukan pembahasan prioritas program pembentukan Perda tahun 2019 yang terdiri dari 12 usulan Ranperda eksekutif.

“Sehingga saya mengharapakan kinerja DPRD di 2019 lebih ditingkatkan,” harapnya.

(**/adve)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.